Tuesday, October 21, 2008

mereka

aneh,,,
itulah yang saya rasakan pada life style mahasiswa saat ini. tidak memerlukan acara penelitian untuk menulis kata-kata ini, karena saya hanya melihat kejadian-kejadian yang ada di sekitar kelas saya aja.
mereka kebanyakan study oriented, tidak peduli pada kegiatan-kegiatan kampus. yang diurusi dan yang dipempengi hanya masalah kuliah dan kuliah saja. ga mustahil juga jika mereka mendapatkan IP atau indeks prestasi yang lumayan dari pada diriku.
Tapi apakah semua itu cukup?
kufikir dulu, study oriented adalah gaya paling bagus untuk mahasiswa yang benar-benar mahasiswa. tapi ternyata fikirianku itu keliru (asal tau aja nih, dulu saya juga mahasiswa yang kuper, study oriented). sampai pada suatu hari, saya bertemu dengan salah seorang, kebetulan beliau adalah ketua MKM di UNY.
beliau mengatakan langsung pada saya, yang pada waktu itu saya adalah mahasiswa semester satu:
"dek, selagi jadi mahasiswa, manfaatkan peranmu sebaik-baiknya. mahasiswa adalah kesempatan bagimu untuk mengexplore kehidupan ini".
"sangat rugi nantinya ketika kamu hanya jadi mahasiswa yang mengurusi diri sendiri".
"setelah keluar dari perkuliahan nanati, atau mungkin sekarang, kamu akan bergaul dengan masyarakat asing yang belum tentu kamu kenali sebelumnya. kamu perlu beradatasi dan juga akan masuk pada tatanan masyarakat yang ada disitu. nanti, ketika kamu bekerja kamu pasti akan ditanyakan tentang pengalaman organisasi. dan inilah yang akan menjadi nilai plus. so, inilah kesempatan kamu di kampus. aktiflah pada organisasi kampus. saya rasa, ini akan sangat membantu kamu nanti dan juga sekarang."
"kalau masalah pembagian waktu, itu adalah kebijakan dari diri pribadi masing-masing"

No comments: