Saturday, February 7, 2009

“Grab this world with a book”

“Grab this world with a book”

Wow,, subhanallah,, what a wise word! Benar adanya tentang kalimat pendek itu. Dengan buku aja, kita bisa mengenggam dunia ini. Tak jarang bahkan merupakan hukum alam mungkin, orang pintar dan orang-orang besar di dunia ini hobinya pasti membaca. Buku adalah sumber pengetahuan. Buku adalah penawar kebutaan dunia dan buku adalah cahaya dari kebenaran. Tapi, sikap selektif tentu sangat dierlukan dalam memilah-milah buku yang akan dibaca.

Sebelum menulis artikel ini, saya baru saja pulang dari membeli beberapa buku di Book Fair di Yogyakarta. saya bersyukur sekali karena pas ada event itu, saya ada rejeki yang lebih untuk dialokasikan guna membeli buku. Yang terbayang dari rumah adalah, pasti disana nanti akan banyak pengunjung yang desak-desakkan untuk membeli buku. Tapi sesampainya di sana, saya agak sedikit mengerutkan dahi, “why do people not come here? Where are they?”

Sedikit sekali yang datang. Kalau dibandingkan dengan dengan Mall yang ada di sebelah gedung pameran buku itu, sangat ironis sekali. Perbandingannya is about 1:50.

Saya menggandaikan jika banyak orang di sekitar yang menyibukkan dirinya untuk membalik lembar demi lembar buku di setiap tempat, pasti umat ini, umat muslim, bangsa ini, bangsa Indonesia akan terlepas dari pembodohan masal. Mereka akan sadar akan perlakuan licik orang-orang Yahudi untuk Indonesia dan semangat untuk berjihad membantuk saudara-saudara kita di palestina jika mereka membaca buku yang berjudul Data dan Fakta Yahudi di Indonesia. Mereka mungkin akan menjadi guru-guru yang memenuhi standart kompetensi jika membaca buku yang berjudul Spiritual Teaching, dan masih banyak lagi.

Tetapi sekarang mereka sangat enggan untuk membudayakan buku ini, kalaupun ada yang membaca buku dengan sangat serius malah dikatakan Kutu Buku yang menurut pandangan mereka adalah orang yang kuper. Malah sebenarnya merekalah yang kuper

Mari kawan, kita manfaatkan waktu-waktu luang kita meskipun sangat terbatas untuk mulai membudayakan membaca. Pilihlah bacaan –bacaan yang bermutu, inspiratif dan eucative. Dunia ini akan kau genggam dengan me

No comments: